Dosis,Komposisi Actifed Plus Cough Suppresant (Merah)

Dosis,Komposisi Actifed Plus Cough Suppresant (Merah)
Actifed PLUS Cough Suppressant
Triprolidine HCI, Pseudoephedrine HCI, Dextromethorphan HBr


Informasi Obat Actifed Plus Cough Suppressant. Presentasi, Indikasi,Cara Kerja, Farmakokinetika,Farmakodinamika, Dosis dan Cara Pemakaian, Kontra Indikasi, Peringatan dan Perhatian, Interaksi Obat, Efek Samping, Kemasan dan Harga.  
 
Presentasi
Actifed   PLUS Cough Suppressant setiap satu sendok takar 5mL , mengandung :
1,25 mg Tripolidine HCI, 30 mg Pseudoephedrine HCI, 10 mg Dextromethorphan HBr dan Ethanol  9,90 % v/v.

Perhatian untuk pemakaian Pseudoephedrine:
  • Bentuk sediaan untuk dewasa : 30 mg per takaran 3 x sehari
  • Berntuk sediaan untuk anak 6-12 tahun : 15 mg per takaran 3 x sehari
  • Bentuk sediaan untuk anak 2-6 tahun : 7,5 mg per takaran 3 x sehari

Indikasi
Actifed   PLUS Cough Suppressant di indikasikan untuk meringankan pilek dan batuk gatal & kering.

Cara kerja
Tripolidine membantu meringankan gejala yang penyebabnya secara keseluruhan maupun sebagian tergantung pada pelepasan histamine. Senyawa dari golongan pyrolidine ini bekerja sebagai antagonis kompetitif untuk reseptor histamin H1 dan mampu menekan system saraf pusat, sehingga menyebabkan kantuk. Pseudoephedrine mempunyai aktivitas simpatomimetik langsung maupun tidak langsung dan merupakan dekongestan saluran napas bagian atas.

Dextromethorphan memiliki kerja antitusif, mengontrol kejang batuk dengan menekan pusat medulari batuk.

Farmakokinetika
Setelah pemakaian 2,5 mg Triprolidine HCI dan 60 mg Pseudoephdrine HCI pada sukarelawan dewasa sehat, konsentrasi puncak (Cmax) triprolidine kira-kira 5,5 ng/ml – 6,0 ng/ml , kurang lebih setelah 1,5-2 jam pemakaian obat. Waktu paruh plasma triprolidine kira-kira 3,2 jam. Cmax pseudoephedrine kurang lebih 180 ng/mL dengan Tmax kira-kira 1.5-2 jam setelah pemakaian obat. Waktu paruh plasma pseudoephedrine kurang lebih 5,5 jam (Ph urine dijaga 5-7). Waktu paruh pseudoephedrine secara nyata menurun pada peng’asam’an urine dan meningkat pada pem’basa’an urine.

Kontrol 0-demetilasi secara genetic adalah factor utama dari farmakokinetik Dextromethorpan pada manusia. Ada dua fenotipe berbeda untuk proses oksidasi ini yang menghasilkan variable farmakokinetik tinggi antara keduanya.

Farmakodinamika
Efek permulaan setelah pemakaian dosis tunggal 2,5 mg Triprolidine HCI pada orang dewasa kurang lebih 1 sampai 2 jam, tergantung pada kemampuan induksi antagonis histamin dan kemerahan pada kulit. Puncak efek kurang lebih setelah 3 jam, dan saat berikutnya  adalah penurunan efek, penghambatan secara nyata dari induksi histamin dan kemerahan tetap terjadi setelah 8 jam pemberian.Pseudoephedrine memberikan efek dekongestan setelah 30 menit selama sedikitnya 4 jam. Pemakaian dosis tunggal 10-20 mg dextromethorphan memberikan efek antitusif dalam 1 jam dan berakhir setelah sedikitnya 4 jam.

Dosis dan Cara Pemakaian
Dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun:
1 Sendok takar (15 mL) , 3 kali sehari

Anak-anak di bawah 12 tahun :
6 sampai 12 tahun : ½ sendok takar (2,50 mL), 3 kali sehari.
2 sampai 6 tahun : ¼ sendok takar ( 1,25 mL), 3 kali sehari.
Tidak di anjurkan untuk Anak di bawah 2 (dua) tahun.

Dosis pada orang tua :
Tidak ada penelitian yang spesifik mengenai penggunaan ActifedTM   PLUS Cough Suppressant pada orang tua. Pengalaman tidak menunjukkan bahwa dosis pada orang tua adalah sesuai dengan dosis pada orang dewasa normal, meskipun demikian dianjurkan untuk memonitor fungsi hati dan ginjal. Jika terdapat kerusakan yang serius, perhatian harus diberikan.

Box Warning...
  • Tidak boleh diberikan pada penderita yang peka terhadap obat simpatomimetik lain (misal efedrin,fenilpropanolamin,fenilefrin),penderita tekanan darah tinggi berat, dan yang mendapat terapi obat anti depresan tipe penghambat monoamine oksidase (MAO).
  • Tidak boleh melebihi dosis yang di anjurkan.
  • Hati-hati penggunaan pada penderita tekanan darah tinggi atau yang mempunyai potensi tekanan darah tinggi ata stroke, seperti pada penderita dengan berat badan berlebih(overweight) atau penderita usia lanjut.
  • Bila dalam 3 hari gejala-gejala tidak berkurang, segera hubungi dokter atau pelayanan kesehatan.
  • Hentikan penggunaan obat ini jika terjadi susah tidur, jantung berdebar, dan pusing.

Kontra Indikasi
  • Lihat Box Warning
  • Penderita dengan gangguan jantung dan Diabetes mellitus.
  • Penderita yang hipersensitif terhadap komponen obat ini.
Peringatan dan Perhatian
  • Lihat Box Warning
  • Hati-hati penggunaan pada penderita dengan gangguan fungsi hati dan ginjal, glaucoma, hipertrofi prostat, hipertiroid, dan retensi urin.
  • Tidak di anjurkan penggunaan pada anak di bawah usia 2 tahun, wanita hamil dan menyusui, kecuali atas petunjukdokter.
  • Selama minum obat ini tidak boleh mengendarai kendaraan bermotor atau menjalankan mesin.
  • Hati-hati penggunaan bersamaan dengan obat-obat lain yang menekan susunan saraf pusat.
Untuk Antitusif Dextromethorphan :
  • Hati-hati untuk penderita debil dan hipoksia ( kekurangan oksigen).
  • Dapat meyebabkan depresi pernapasan dan susunan saraf pusat pada penggunaan dengan dosis besar atau pada pasien dengan gangguan fungsi pernapasan ( missal asma, emfisema).
Interaksi Obat
Penggunaan yang bersamaan antara Actifed dengan obat-obat simpatomimetik seperti dekongestan, antidepresantrisiklik, penekan nafsu makan dan psikostimulan sejenis amfetamin, atau dengan penghambat monoamine oksidase yang mengganggu katabolisme dari simpatomimetik amin, kadang-kadang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah (lihat Kontra Indikasi, Peringatan, dan Perhatian).

Karena Actifed mengandung Pseudoephedrine, Actifed dapat memperlemah sebagian daya kerja hipotensif dari obat yang mengganggu aktifitas simpatetik termasuk  bretylium,bethanidine, guanethidine, debrisoquine,methyldopa, dan obat-obat penghambat adrenergic beta dan alpha (lihat Peringatan dan Perhatian). Antibakteri furazolidone di ketahui dapat menyebabkan penghambatan monoamine oksidase yang tergantung dari  dosisnya. Meskipun tidak ada laporan mengenai terjadinya krisis hipertensi, sebaiknya furazolidine tidak diberikan bersamaan dengan Actifed.

Meskipun tidak ada data yang objektif, penggunaan Actifed bersamaan dengan alkohol atau obat sedatif  lainnya yang bekerja pada susunan saraf pusat harus di hindari.

Efek Samping
Mengantuk, gangguan pencernaan, gangguan psikomotor, takikardi, aritmia, mulut kering, palpitasi, dan retensi urin.

Cara Penyimpanan
Actifed   PLUS Cough Suppressant: Simpan di bawah suhu 30C dan terlindung dari cahaya.
Selalu simpan botol dalam karton.

Kemasan dan Harga
Dus , Botol plastik 60 mL, Harga Rp. 38.500
Dus , Botol plastik 120 mL ,

Dibuat oleh :
PT.Glaxo Wellcome Indonesia
Jakarta, Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dosis,Komposisi Actifed Plus Cough Suppresant (Merah)"

Posting Komentar